Cara Inspect Element di Smartphone Android Dengan Mudah

0
62
cara inspect element di android

Cara Inspect Element di Smartphone Android Dengan Mudah – Sepengetahuan kita, fitur inspect element hanya bisa digunakan di komputer saja. Diantaranya menggunakan Mozilla Firefox ataupun Google Chrome. Sebelum kita membahas tentang Inspect Element, kita harus tahu apa sih inspect element itu?

Cara Inspect Element Di Android

Pengertian Inspect Element

Inspect Element adalah sebuah fitur yang umumnya digunakan untuk mengedit kode HTML maupun CSS dari sebuah desain website atau blog yang merupakan komponen utama dalam sebuah website atau blog tersebut. Biasanya inspect element sudah tersedia di browser Mozilla maupun Chrome di komputer. Saat kita klik kanan pada mouse pada halaman website, nanti akan ada menu Inspect Element. Lalu bisakah kita inspect element di android kita? Tentu saja bisa, bagaimana caranya? Berikut cara inspect element di android yang perlu anda ketahui!

Baca Juga : Cara Kloning Aplikasi di Smartphone Android

Cara Inspect Element di Smartphone Android

Pada dasarnya di android tidak bisa klik kanan maupun kiri layaknya menggunakan mouse di komputer. Akan tetapi kita bisa kok mengedit element atau inspect element pada suatu website.

Apakah dengan cara di tekan sampai muncul tombol copy paste? Tidak, dengan masuk di peraturan browser? Tidak ada menu inspect element. Lalu bagaimana caranya? Caranya yaitu menggunakan aplikasi Inspect and Edit HTML Live. Kita bisa mendapatkannya di Google Play Store.

Inspect and Edit HTML Live adalah sebuah aplikasi browser di android, yang didalamnya sudah include fitur inspect element. Cara kerjanya juga mudah, tidak seperti di komputer, jika dikomputer kita perlu mencari HTML atau CSS yang ingin diedit dengan bantuan CTRL + F. Lantas Bagaimana Cara kerja inspect element di Aplikasi Inspect and Edit HTML Live? Berikut tutorialnya!

Baca Juga : Cara Memperpanjang Durasi Video di Status WhatsApp

Menggunakan Inspect and Edit HTML Live

Pertama, silakan install aplikasi Inspect and Edit HTML Live, anda dapat menginstallnya disini.

install inspect and edit html di playstore (1)

Jika sudah terinstall, silakan buka aplikasi tersebut, lalu anda coba buka situs detik.com, cari contoh berita yang ingin di Inspect Element. Lalu anda klik icon tangan yang ada di atas kanan (yang saya lingkari dibawah ini).

cara inspect element di android buka aplikasi

Kemudian, pilih atau sentuh bagian yang ingin di inspect element. Kalau saya mencoba klik di bagian judulnya, dan hasilnya berikut ini. Selanjutnya saya akan mengganti tulisan “bom” dengan kata “kolak”. Lalu pilih done atau icon atas sendiri kanan nomor 3 (gambar tanda panah keatas didalam kotak)

cara inspect element di android edit judul

Dan hasilnya jadi seperti ini.

cara inspect element di android selesai

Baca Juga : Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Bagaimana? Pasti anda memikirkan, oh jadi sumber berita hoax berasal dari ini ya? hehehe. yang pasti gunakanlah cara inspect element di android ini dengan bijak. Jangan dijadikan sumber hoax ya teman-teman.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here