Cara Cleaning Printer Epson

Cara Cleaning Printer Epson All Series Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Cleaning Printer Epson All Series Dengan Mudah – Printer adalah alat keluaran yang berbentuk hard file (kertas). Printer terkenal dengan barang yang rapuh, dalam artian mudah rusak dan sering sekali di servis. Terutama pada alat penyemprot tintanya atau sering disebut catridge atau print head.

Printer terbagi dari 2 macam jenis. Yaitu printer inkjet, dan yang kedua adalah laserjet. Untuk printer laserjet sendiri, jenis tintanya adalah serbuk. Kalau printer inkjet, menggunakan infus tinta.

Untuk kali ini saya lebih merekomendasikan printer jenis inkjet bermerk Epson. Dari segi ketahanan, printer Epson ini lebih tahan banting daripada jenis lainnya. Terutama dari cara maintenance/cleaning nya.

Cara Cleaning Printer Epson All Series

Kelebihan Printer Epson

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh printer epson, yaitu:

  • Hasil print kualitas tinggi dan tajam
  • Awet dan tidak mudah rusak
  • Memiliki head printer yang kuat
  • Dapat diisi dengan tinta jenis apapun (tidak mudah mampet)

Pada point 4, perlu kita garis bawahi. Printer epson ini bisa diisi dengan tinta jenis apapun. Terutama tinta yang mudah mengering (art paper atau durabrite), tinta ini khusus untuk mencetak foto dengan media kertas art carton/paper/paper photo yang bersifat mengkilat dan licin.

Tetapi dengan adanya kelebihan ini, tentunya head printer nya menjadi sering di cleaning. Karena sifat tintanya yang mudah mengering dan akhirnya menyumbat kaca print head. Solusinya adalah yaitu melakukan cleaning rutin tiap harinya.

Baca Juga : Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN

Berikut Cara Cleaning Printer Epson All Series Dengan Mudah

Oleh karena itu saya akan memberikan 2 cara maintenance printer epson agar hasil tetap maksimal, tidak bergaris dan warna lengkap. Sementara ini saya memakai printer Epson L310.

1. Dengan Cara Pembersihan Head

Silakan anda masuk di printing preferences, anda bisa mengikuti gambar berikut ini.

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN 1
Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui WiFi atau LAN 2

Setelah itu anda pilih printing preferences, nanti silakan pilih pemeliharan atau maintenance, berikut beberapa tampilannya, anda pilih pembersihan head atau head cleaning, lalu klik mulai.

Setelah itu, silakan check nozzle atau pemeriksaan nosel. Jika hasil masih kurang maksimal, jangan coba bersihkan head nya lagi. Pembersihan head atau head cleaning maksimal 1 kali sehari. Jika tidak terpaksa, 2 kali sehari. Karena keseringan cleaning head, akan menyebabkan head print lemah. Silakan gunakan opsi nomor 2 berikut.

2. Dengan Cara Pembuangan Tinta Otomatis

Opsi Pembuangan Tinta Otomatis ada di nomor 2 bawah pilihan pembersihan head. Setelah itu silakan check nozzle print anda.

Jika kedua opsi ini sudah dilakukan tetapi hasil tidak berlangsung membaik, maka print head anda bermasalah dan perlu di servis secara manual. Anda bisa menghubungi teknisi dari epson atau bisa dari teknisi printer lainnya.

Penutup

Demikian tutorial Cara Cleaning Printer Epson All Series Dengan Mudah dapat kami sampaikan. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan jejak anda di komentar bawah sini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Gambar Gravatar
Seorang Guru, Desainer Grafis, dan Pemilik Home Industry Digital Printing di Solo. Berusaha memberikan informasi yang berbobot, menarik dan bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *