Cara Belajar Coding untuk Pemula

0
62
Cara Belajar Coding untuk Pemula

Dengan berkembangnya jaman, dan semakin banyaknya hal yang berbau digital, coding menjadi menjadi salah satu skill yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Bahkan banyak pula yang mendirikan sekolah coding dengan tujuan unutk mengajarkan anak-anak berumur 13 tahun keatas yang tertarik untuk belajar coding. Tidak sedikit pula yang membuka program seminar dan kelas akhir minggu yang dibuka untuk orang-orang yang sudah bekerja tetapi ingin belajar coding.

Bisakah belajar coding di rumah?

Jawabannya bisa, banyak website yang sudah membahas atau menyediakan materi pembelajaran tentang coding. Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, kita bahas terdahulu apa itu coding dan apa yang perlu dipelajari.

Pengertian Coding

Coding bisa disebut juga dengan istilah computer programming. Yakni kegiatan dimana anda memberitahu komputer apa yang harus mereka lakukan untuk anda. Sebuah kode bisa dianggap sebagai sebuah kalimat dalam bahasa sehari-hari. Setiap kode itu akan membantu komputer mengetahui dan mengerti apa yang ini anda lakukan di komputer. Komputer akan menerima instruksi ini dan mereka akan mengikuti apa yang tertulis, jadi sebuat kumpulan instruksi kode bisa membuat sebuah program.

Perlu ketelitian dalam menulis kode untuk coding. Harus ekstra hati-hati. Karena komputer mesin, mereka hanya menerima kode apa saja yang anda masukkan. Jadi, anda harus benar-benar memperhatikan detailnya. Jangan sampai anda salah memasukkan instruksi dalam menulis kode. Jika sampai ada kesalahan maka banyak bug (debugging) dalam program tersebut.

Coding web development

Coding adalah bagian dari web development. Web development atau web programming adalah proses pembuatan sebuah website atau aplikasi dengan coding. Website-website inilah yang nantinya akan dikunjungi orang-orang yang memiliki akses internet.

Web development sendiri memang terbagi menjadi dua:

  • Web development sering digunakan untuk mengupas bagian teknis pembuatan sebuah website. Ini juga dikenal dengan istilah back and development. Back-end ialah bagian dari website yang tidak bisa dilihat oleh pengguna dan pengunjung website.
  • Web design adalah istilah yang digunakan untuk membahas bagian visual dari website. Karena bagian visual dan interaktif ialah bagian dari website yang dapat dilihat oleh pengunjung dan pengguna website, web design juga dikenal dengan nama front end development.

Kedua bagian proyek ini bisa juga dilakukan oleh satu orang yang sama, bertanggung jawab unutk mengatur fungsionalitas website dan juga merancang tampilannya. Dalam hal ini mereka disebut pengembang full-stack, menggabungkan front-end dan back-end

Mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa kita perlu tahu ini. Dengan mengetahui adanya back-end dan front-end, anda akan dapat memahami jenis bahasa pemrograman dengan lebih mudah.

Bahasa Programming terpopuler 2018

Setiap bahasa programming memiliki kegunaannya masing-masing. Ada bahasa pemrograman yang memang khusus dibuat untuk membuat software desktop dan web development. Ada juga bahasa yang bisa digunakan untuk analisa data.

Untuk itu saya akan  membahas bahasa programming yang paling banyak digunakan di tahun 2019. Web developer yang menguasai bahasa-bahasa ini sedang banyak dicari diluar sana. Misal kalau anda mau mulai belajar coding untuk karir anda, anda bisa memilih salah satu dari bahasa programming berikut ini:

JavaScript

Anda pernah melihat animasi, pop-up, dan tombol yang bisa di klik di sebuah website? Semua itu dibuat dengan bahasa pemrograman JavaScript. Yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website interaktif dan dinamis. Dengan elemen interaktif dan animasi, anda dapat menarik perhatian dan meningkatkan engangement di website anda. Untuk menggunakan JavaScript dengan optimal, anda juga bisa menggunakannya bersamaan dengan server-side language, NodeJS. Tidak hanya itu, jika anda ingin bisa benar-benar menguasai JavaScript, anda juga harus nyaman menggunakan HTML dan CSS.

HTML

Hyper Text Markup Language atau yang lebih kita kenal dengan HTML adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling dikenal. HTML sendiri adalah sebuah bahasa computer yang digunakan untuk membuat sebuah website. HTML selalu berevolusi dan selalu direvisi agar dapat mengikuti perkembangan internet. Revisi dan evolusinya dilakukan dibawah W3C, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas HTML.

HTML sendiri terdiri dari beberapa shortcodes. Yang nanti semua kode ini akan menjadi sebuah text yang disimpan ke sebuah file HTML. File ini akan dibuka di browser, kemudian browser sendiri akan membaca file dan menerjemahkan semua kode HTML menjadi tampilan visual sesuai dengan keinginan developer. Dalam mengerjakan kode HTML, kita perlu menggunakan tag dengan tepat agar tampilannya sesuai dengan keinginan kita. Untuk menulis HTML, kita dapat menggunakan text editor yang sederhana ataupun text editor HTML seperti atom, sublime dan notepad++

CSS

Cascading Style Sheets atau bisa dikenal dengan CSS adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web. CSS mengontrol aspek desain yang berbeda dari HTML. Dengan CSS, anda bisa mengatur warna tulisan, jenis font yang digunakan, jarak spasi andar paragraph, berapa ukuran kolom yang dibutuhkan, background dan warna apa yang ingin digunakan, layout desain web anda, bagaimana website terlihat di berbagai device dan ukuran layar, dan masih banyak lagi. Pengerjaannya, CSS biasa digabungkan dengan markup bahasa seperti HTML atau XHTML.

Python

Python adalah bahasa pemrograman yang bisa dilakukan untuk banyak hal disemua system operasi komputer modern. Python bisa digunakan untuk memproses text, angka, gambar, dan berbagai data yang anda simpan di komputer. Python diguankan setiap hari oleh mesin telusur Google, youtube, NASA dan New York Stock Exchange.

Python adalah bahasa yang perlu diterjemahkan. Ini berarti python tidak akan dikonversi ke kode yang bisa dibaca computer sebelum program dijalankan. Mereka baru akan diterjemahkan saat program dijalankan. Bahasa seperti ini biasa disebut dengan istilah scripting language karena mereka digunakan untuk mengurus hal-hal yang bisa dikatakan sepele. Tapi Python tidak hanya digunakan untuk mengurus hal sepele itu. Sudah banyak aplikasi diluar sana yang ditulis dengan menggunakan python. Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut menggunakan python:

  • Programming CGI untuk Aplikasi Web
  • Membangun RSS reader
  • Reading dari dan writing ke MySQL
  • Reading dari dan writing ke postgreSQL
  • Membuat calendar di HTML
  • Dan lainnya
Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling popular karena 90% dari perusahaan fortune 500 menggunakan java. Slogan terkenalnya “write once, run everywhere” menjadi salah satu alas an mengapa java sangat banyak digunakan. Ditambah lagi, mereka memiliki java virtual machine (JVM) yang kuat, yang membuatnya compatible di berbagai platform.

Back-end developer paling banyak menggunakan Java, big data developer, architect, system engineer, dan android developer. Meski java mungkin bukan bahasa pemrograman yang paling keren saat ini, java masih banyak digunakan dan akan terus digunakan di masa yang akan datang.

C++

C++ pertama kali dibuat pada tahun 1985, C++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel. Bahasa ini tetap diminati karena peformanya, reliabilitasnya, dan berbagai konteks yang dapat anda gunakan. C++ juga banyak digunakan oleh sistem-sistem besar seperti Microsoft, oracle, paypal, dan adobe untuk membuat dan mengelola program mereka.

Developer aplikasi desktop banyak menggunakan C++, terutama untuk performance-intensive task. Meskipun agak rumit, memahami C++ akan memberi anda pemahaman yang lebih dalam tentang cara kerja bahasa, misalnya dengan memberikan fasilitas manipulasi memori tingkat rendah.

Ruby

Ruby ialah satu bahasa pemrograman yang paling disukai. Dirancang mudah dan ramah digunakan oleh developer, karena bahkan taglinenya sendiri adalah “teman terbaik programmer”. Ruby ialah bahasa level tinggi yang bertujuan untuk mencapai banyak hal dengan beberapa baris kode yang bersih dan mudah dibaca. Penulisan kode ruby dengan baik hampir terlihat seperti kalimat yang ditulis dalam bahasa inggris biasa. Ruby bisa dibilang lebih lamban dalam hal efisiensi dibandingkan dengan bahasa popular lainnya, tapi itu pasti mengingkatkan produktivitas anda.

PHP

PHP ialah salah satu bahasa pemrograman back-end yang paling popular di website. PHP digunakan untuk memperbagus tampilan sebuah halaman website. Dengan PHP, anda bisa membuat fitur-fitur website seperti membuat halaman login username dan password, mengecek detail sebuah form, membuat forum, galeri gambar, survey dan lain-lain. Jika anda melihat website yang memiliki akhiran PHP di alamatnya, berarti developer website nya menggunakan PHP untuk mempercantik website.

Sekarang apakah anda ingin belajar coding? Yuk lanjut Baca diartikel Kumpulan Situs Belajar Coding Gratis yang anda bisa mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here